Mari Belajar Karakter

Mari Belajar Karakter

MEWUJUDKAN KARAKTER PELAJAR PANCASILA

Oleh: Agus Misbahudin, S.Pd.

Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.  Pelajar Pancasila memiliki 6 ciri utama yaitu: 1) Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia, 2) Berkhebhinnekaan Global, 3) Gotong Royong, 4) Mandiri, 5) Bernalar Kritis, dan 6) Kreatif.

Dalam rangka mewujudkan karakter pelajar pancasila, diperlukan peran serta lembaga pendidikan sebagai jembatan pembinaan karakter siswa. SMP Negeri 1 Maos sebagai lembaga pendidikan telah berupaya menyelenggarakan pembinaan karakter siswa. Pembinaan karakter siswa di SMP Negeri 1 Maos  diwujudkan melalui bebagai cara dan kegiatan yang ada di sekolah. Salah satunya diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran.

Selama Pembelajaran Daring dan dilanjutkan dengan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, siswa telah dibiasakan ketika awal pembelajaran selalu diawali dengan Berdoa dan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya serta Mars PPK. Di akhir kegiatan pembelajaran juga ada pembiasaan Salam PPK dan tepuk PPK, serta ditutup dengan Berdoa setelah selesai belajar.

Berdoa yang dilakukan dengan khusyuk menggambarkan Karakter Religius Siswa. Menyanyikan lagu Indonesia Raya diharapkan dapat menguatkan rasa Nasionalisme siswa. Sedangkan Mars PPK, Salam PPK, dan Tepuk PPK dilakukan dengan tujuan untuk Penguatan Pendidikan Karakter sebagaimana yang diamanahkan dalam Perpres No 87 Tahun 2017. Dalam Perpres No 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter dijelaskan karakter-karakter penting yang dapat diteladankan kepada Siswa. Karakter-karakter yang dimaksud yaitu Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong, dan Integritas.

Upaya lain yang telah dilakukan dengan membiasakan Budaya 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun), Tetap mematuhi Protokol Kesehatan, serta dengan mengenalkan budaya cinta lingkungan sesuai dengan profil SMP Negeri 1 Maos sebagai sekolah Adiwiyata. Dalam rangka mendukung atau mewujudkan sekolah adiwiyata, Siswa SMP Negeri 1 Maos telah mempraktekkan budaya membuang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan ruang kelas untuk belajar, serta membawa tanaman agar SMP Negeri 1 Maos tetap Asri dan hijau.

Berbagai upaya tersebut di atas bertujuan agar siswa SMP Negeri 1 Maos bisa memiliki Karakter Pelajar Pancasila, yaitu 1) Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia, 2) Berkhebhinnekaan Global, 3) Gotong Royong, 4) Mandiri, 5) Bernalar Kritis, dan 6) Kreatif. Sebagai Pelajar Pancasila, siswa SMP Negeri 1 Maos dibina untuk  bertindak dan berperilaku yang sesuai dan selaras dengan nilai-nilai Pancasila. Nilai-nilai Pancasila diharapkan tidak hanya dipahami secara teoritis, tetapi dapat diwujudkan dan dipraktekkan dalam kegiatan sehari-hari siswa di Lingkungan Sekolah tempat mereka belajar dan menimba ilmu pengetahuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *